«

»

Oct 22

FTP Server di CentOs

File Transfer Protokol

 

Transfer File

Suatu metode yang digunakan untuk dapat mendownload atau mengupload  informasi dari host yang satu  ke  host yang lain.

Beberapa protokol yang dapat digunakan untuk transfer file, antara lain :

  1. Trivial File Transfer Protokol (TFTP)

TFTP adalah Protokol transfer  yang sederhana dan menggunakan port 69. TFTP bekerja menggunakan protokol UDP , artinya proses pengiriman data tanpa disertai tanggung jawab jika terjadi kesalahan data.

Umum nya TFTP digunakan untuk proses booting melalui jaringan, sehingga komputer host tidak memerlukan Harddisk untuk bisa beroperasi (diskless komputer)

  1. File Transfer Protokol (FTP)

FTP adalah sebuah protokol yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang berada pada port 21 dan digunakan sebagai standar untuk pengiriman file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan yang menggunakan layanan TCP/IP

  1. Network File System (NFS)

NFS merupakan sebuah protokol yang dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1984 dan NFS didefinisikan dalam RFC 1094, 1813 dan 3530 sebagai “DFS” yang mengijikan sebuah komputer untuk mengakses file melalui network serasa akses file di disk local. NFS merupakan protokol yang sangat mendukung dalam pengaplikasian suatu file system yang terdistribusi

  1. SMB (Server Message Block)

Samba Server merupakan sebuah protokol yang dikembangkan di Sistem Operasi Linux untuk melayani permintaan pertukaran data antara mesin Ms. Windows dan Linux.

Disamping untuk melayani file sharing antara Windows dan Linux, Samba juga merupakan salah satu protokol yang digunakan di Sistem Operasi Linux untuk melayani pemakaian data secara bersama-sama.

Mode kerja FTP

  1. Active Mode

Pada aktif mode ini, server secara aktif terhubung dengan client. Untuk melakukan pengaturan aktif mode, client mengirimkan sebuah port command ke server, menentukan alamat dan nomor port dari client yang sedang mendengar. Bila suatu koneksi diperlukan, server memulai suatu koneksi ke client di alamat ini. Secara umum, server bertanggung jawab untuk menutup koneksi-koneksi ini.

  1. Passive Mode

Pada pasif mode, client memulai koneksi dengan server dengan memecahkan permasalahan dalam firewall penyaring koneksi port data ke client menuju server. Pertama, client menghubungi server pada command port dan mengeluarkan perintah PASV. Server kemudian memberikan jawaban dengan port 2024, memberitahu client bahwa port tersebut sedang mendengarkan untuk koneksi data. Kemudian, client memulai koneksi data dari data port-nya ke data port yang telah ditentukan oleh server.

Untuk menginstall FTP pada CentOs cara nya sebenarnya cukup simple (jika kita memiliki koneksi internet ketika menginstall ftp nya), kita cukup mengetikan perintah :

# yum install vsftpd –y

Akan tetapi berbeda keadaan nya apabila kita tidak memiliki koneksi internet ketika menginstall nya ( keadaan real didalam kelas teori), maka ada beberapa hal yang harus di lengkapi :

  1. Microsoft loopback adapter, yang akan digunakan untuk berkomunikasi antara PC dengan linux yang akan di install
  2. Web server ( apache2triad , xampp, wamp server dll ), dalam hal ini saya menggunakan apache2triad dan meletakan file vsftp dalam folder C:\apache2triad\htdocs\tehnik

Jika dua hal tersebut sudah terpenuhi, ikuti langkah instalasinya sesuai dengan video berikut :