Home

Who's Online

We have 9 guests online

Motivasi

Sparepart Plotter

Kekuatan Keputusan PDF Print E-mail

Power of Decision 

“ Kekuatan terbesar kita adalah kekuatan untuk memilih. Kita bisa memutuskan kemana kita ingin pergi, apa yang ingin kita lakukan, apa yang kita pikirkan, dan ingin menjadi apa diri kita pada masa depan. Itu adalah anugerah Tuhan kepada seluruh umat manusia.” (Dr. Ibrahim Elfiky)

 

“ Seorang manusia cepat atau lambat, mengetahui bahwa dia adalah sang tuan pemilik kebun bagi jiwanya, sutradara untuk kehidupannya.” (James Alen)

 

Kekuatan terbesar kita adalah kekuatan untuk memilih. Kita bisa memutuskan kemana kita ingin pergi, apa yang ingin kita lakukan, apa yang kita pikirkan. Tak seorang pun bisa merampas kekuatan untuk memilih dari kita. Itulah anugrah Tuhan untuk kita. Dia (Tuhan) memberikan kekuasaan kepada kita untuk memutuskan jalan hidup kita sendiri. Kapan saja dalam hidup Anda, Anda bisa memutuskan ke arah mana Anda ingin pergi.

 

Pernahkah Anda berada dalam situasi  di mana Anda berkata pada diri sendiri, “ Cukup!” dan membuat keputusan yang membuat perbedaan dalam hidup Anda?

 

Tahukah Anda, banyak orang mencari kunci gaib yang akan memungkinkan  mereka membuka pintu menuju kekuatan-kekuatan mereka. Mereka terus saja mencari, padahal kuncinya sudah ada ditangan mereka sendiri. Mereka bisa menggunakannya segera andai saja mengetahui kata rahasiannya yaitu—KEPUTUSAN.

 

Tiga prinsip kuat di balik keputusan-keputusan yang mengubah hidup sebagai berikut:

1.      Frustasi

Frustasi adalah kekuatan. Bahkan frustasi merupakan salah satu dorongan yang kuat di balik banyak pencapaian besar.

 

Berdoa dan mintalah pertolongan kepada Tuhan. “ Mintalah dan engkau akan menerima. Datanglah padaKu dengan berjalan, dan Aku akan datang padamu dengan berlari.” (Hadits Qudsi)

 

Ya, frustasi adalah kekuatan. Banyak contoh seperti kekuatan frustasi pulalah yang menyebabkan Sylvester Stalone terus mencari sampai dia menemukan seseorang yang akan menerimanya sebagai aktor.  Frustasi juga juga merupakan kekuatan yang mendorong Beethoven untuk menciptakan simfoni-simfoni paling menginspirasi setelah dia menjadi tuli. Dan kekuatan yang sama itulah yang menyebabkan Hellen Keller mengatasi semua rintangannya dan menjadi salah satu pendidikan yang paling inspirasional sepanjang zaman.

Ya, frustasi adalah kekuatan dan Anda bisa mengguakan kekuatannya untuk membuat keputusan sekarang, untuk mengatasi tantangan apa pun yang mungkin menghadang.  

Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menuliskan masalah-masalah yang menyebakan Anda merasa frustasi. Setelah Anda selesai menuliskannya, baca daftar masalah itu dengan lantang sebanyak tiga kali. Bagaimana, siap?

 

Sekarang bayangkan diri Anda menjalani hidup selama bertahun-tahun mendatang dengan berbagai masalah tersebut. Asosiasikan penderitaan dengan masalah-masalah itu.

Sekarang cabik –cabik kertas itu sampai menjadi potongan-potongan kecil dan buang ke dalam toilet lalu siram. Kemudian gunakan kata ajaib itu—KEPUTUSAN. Katakan, “ Aku sudah memutuskan untuk mengubah ini, “ Buatlah keputusan untuk mengambil tindakan, untuk mengubah keadaan saat ini juga.  Gunakan frustasi untuk bekerja bagi kepentingan Anda dan bukan melawan Anda. Buatlah keputusan bahwa Anda pantas mendapatkan yang terbaik dan lanjutkan melakukan hal-hal yang diperlukan sampai Anda mendapatkannya.

 

Prinsip kedua yang menyebabkan kita membuat keputusan yang mengubah hidup adalah inspirasi

 

2.      Inspirasi

 

Sebagaimana frustasi mendorong Anda untuk membuat keputusan yang kuat, inspirasi juga demikian.

Pernahkah Anda terinspirasi oleh sesuatu atau seseorang yang menyebabkan Anda membuat perubahan dalam hidup? Saya yakin  Anda pernah. Edwin land, pencipta kamera Polaroid, suatu ketika sedang berpiknik bersama keluarganya. Dia banyak memotret keluarganya dan putri kecilnya bertanya, “ sekarang, bisakah aku melihat photoku, papa?” Edwin menjelaskan bahwa dia harus membawa filmnya kembali ke ruangan yang gelap itu dulu dan setelah itu pun masih dibutuhkan beberapa jam. Putrinya sangat kecewa dan terus menerus meminta untuk melihat photonya.

Padasaat itulah Edwin Land terinspirasi dan dia memutuskan untuk meciptakan kamera yang bisa mengembangkan gambar secara internal. Dia terus mengusahakan hal itu sampai dia bisa melihat putrinya tersenyum ketika photo langsung jadi itu muncul di hadapannya, beberapa menit setelah sang ayah memotretnya. Kamera Polaroid merupakan ciptaan yang dilahirkan dari inspirasinya.

Ya, inspirasi adalah kekuatan. Inspirasilah yang berada di balik lukisan-lukisan Picasso, musik Mozzart, nyayian Sinatra dan tijnu Muhammad Ali.

 

Inspirasi adalah fondasi utama yang membantu semua utusan Tuhan dan para nabi untuk terus maju sampai mereka mencapai tujuan-tujuan mereka. Nabi Muhammad begitu terinspirasi oleh cintanya kepada Tuhan sehingga dia sanggup menghadapai semua tantangan yang menghadangnya, yang tak seorang pun akan sanggup menahannya. Beliau diolok-olok, dikritik, diusir dari kampung halamannya, dan diancam dengan kematian, orang-orang berusaha membunuhnya tidak untuk sekali saja. Beliau terlibat banyak pertempuran dan berkali-kali mengalami luka sangat parah. Tetapi beliau terus maju dengan komitmen sepenuhnya. Beliau digerakkan oleh inspirasinya untuk membangun suatu bangsa muslim, dan beliau berhasil. Pada masa beliau, bangsa muslim merupakan bangsa terkuat dan terbesar di dunia. Kebesaran mereka berasal dari inspirasi mereka, dan keyakinan kuat merekan terhadap Tuhan dan kecintaan serta kekaguman mereka kepada Nabi Muhammad saw, sang nabi besar.

Kalau Anda kembali menengok sejarah masa lampau, Anda akan menemukan inspirasi di balik penemuan besar Thomas Edison, bola lampu, telepon Alexander Graham Bell, sertaGandhi dan keyakinannya terhadap solusi tanpa kekerasan.

 

3.      Ketakutan

 

Prinsip ketiga yang menyebabkan kita membuat keputusan adalah rasa takut. Rasa takut merupakan dorongan kuat yang menyebabkan orang-orang melakukan hal-hal yang tak ingin mereka lakukan, mengatakan hal-hal sebenarnya  tak ingin mereka katakan, seperti bertahan dalam suatu hubungan yang buruk atau bekerja untuk bos yang menjengkelkan.

 

Rasa takut adalah kekuatan. Rasa takut bisa berujung pada frustasi dan menyebabkan Anda membuat keputusan-keputusan yang mengubah hidup atau ia bisa juga menuntun Anda pada inspirasi dan juga menyebabkan Anda membuat keputusan-keputusan yang mengubah hidup.

 

 ref: Dr. Ibrahim Elfiky Books

 
Copyright © 2014 Max Sumarna. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.
 

Contact Us

Silakan kontak via:
1. Quick online Yahoo! Messenger :
Pak Marna, HP. 0815 11433 862

2.SMS: 0815 11 433 862 (24jam), 021 323 91492

Address. Pulogadung Jakarta Timur Indonesia 13930
free counters
Statik Pengunjung